KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS
UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA
2016/1017
Nama : Ghora Wira Pratama Wibawa
Kelas : S1 TI 05
NIM : 16.11.0305
ABSTRAK
Di jaman yang serba canggih ini kebutuhan
manusia semakin dimudahkan dengan adanya teknologi dan internet. Dengan adanya
teknologi kita bisa melakukan segala hal dengan mudah, dari mencari informasi,
mencari kebutuhan hidup, hingga belanja pun bisa dilakukan secara online. Namun
semua itu memerlukan perangkat yang mendukung dan yang paling penting adalah
internet.
Dari
data yang ada di wikipedia, Indonesia sendiri tercatat sebagai negara dengan
pengguna smartphone terbanyak nomor 3 di dunia dan pengguna internet paling
“rakus” nomor 13 di dunia pada tahun 2015 silam. Ini adalah peluang yang sangat
besar untuk memulai bisnis penjualan kuota internet mengingat konsumsi dan
kebutuhan masyarakat indonesia yang besar.
Bisnis
yang bisa dibilang besar tetapi persaingannya juga besar. Sudah banyak sekali
orang yang membuka usaha seperti ini, baik hanya menjual kota internet ataupun
dengan menjual pulsa dan kartu perdana. Namun dengan adanya persaingan inilah
kita dituntut untuk lebih kreatif dan berpikir kritis agar usaha yang kita buka
bisa bertahan lama dan mendatangkan keuntungan untuk kita dan juga orang
banyak.
Usaha ini sebetulnya bukan peluang usaha yang baru,
tetapi telah ada sejak dahulu disaat mulai ramainya pengguna handphone. Akan
tetapi sekarang ini yang sedang ramai adalah bisnis kartu perdana yang
didalamnya terdapat kuota untuk akses internet, serta voucher isi ulang kuota.
kuota
sebenarnya mengacu pada arti umum, yakni jatah, batasan, atau jumlah yang
ditentukan. Kata kuota banyak dipakai pada bidang ekonomi yang menunjuk pada
batasan ekspor atau pada pembatasan jumlah jamaah haji. Dalam dunia internet,
kuota juga merupakan batasan. Jadi, arti kuota dalam internet adalah batasan
satuan paket internet yang diperbolehkan pada pembelian suatu paket. Jika kuota
terlampaui, koneksi internet akan putus dan pelanggan harus mengisi lagi dengan
kuota tambahan. Akan tetapi, arti sesungguhnya dari kuota pada paket internet juga tergantung jenis paketnya, yaitu paket
berbasis kuota serta paket unlimited.
Ramainya
bisnis ini juga disebabkan oleh banyak beredarnya smartphone dan tablet yang
dinilai lebih memudahkan untuk mengakses internet, meski tidak sedikit pula
masyarakat menggunakan akses di modem melalui komputer. Maka dari itu kartu
perdana ini menjadi barang yang diburu masyarakat. Selain itu teknologi gadget
yang semakin canggih turut menjadikan bisnis jual kartu perdana ini semakin
menguntungkan. Fitur-fitur didalam gadget juga bertambah banyak dan beragam,
dari game, hingga aplikasi untuk pekerjaan semuanya membutuhkan akses internet.
Selain itu, konsumsi masyarakat juga akan berkelanjutan, mereka akan membeli
kembali kartu perdana jika kuotanya telah habis, tren berinternetan kini sudah
hampir menjadi barang pokok yang tidak bisa dilewatkan.
LATAR BELAKANG
Di zaman yang sangat modern ini, teknologi canggih
sudah berkembang sangat pesat. Begitu juga dengan informasi, informasi sangat
mudah didapatkan karena begitu cepatnya kemajuan teknologi di dunia ini. Dengan
adanya media yang mendukung masyarakat dimudahkan untuk mencari informasi,
namun bagi bebarapa kalangan untuk mendaptkan informasi masih kesulitan karena
walaupun ada media yang mendukung seperti smartphone namun masih ada faktor
penunjang lainnya yaitu internet. Disinilah peluang usaha kita untuk membuka
bisnis penjualan kuota internet dan untuk membuka lapangan pekerjaan.
STRATEGI PEMASARAN.
Sasaran usaha penjualan kartu
perdana dan kuota internet ini membidik berbagai kalangan khususnya mahasiswa
dan remaja. Karena dari mahasiswa dan anak muda jaman sekarang memang sedang tergila-gila
dengan sosial media seperti facebook, twitter, intagram, dan yang lainnya.
Kebutuhan mahasiswa akan internet juga tidak lepas dari kegiatan dan tugas yang
diberikan oleh kampus, misalnya mencari referensi tentang hal-hal yang akan
dijadikan tugas atau hanya sekedar mencari informasi seputar kampus. Lalu
bagaimana cara kita menarik perhatian calon pembeli ?
1. Strategi Pemasaran Dalam Dunia Maya
Sebagian besar manusia sekarag bisa dikatakan tidak
bisa hidup tanpa internet. Karena di waktu yang sesempit apapun pasti mereka
akan membuka internet walau hanya sebentar. Dengan demikian kita bisa
menggunakan media internet sebagai strategi pemasaran, bisa melalui blog, media
sosial facebook, twitter atau yang lainnya. Kita dapat mempromosikan usaha kita
lewat media tersebut.
2. Forum atau Komunitas
Forum atau tempat diskusi lainnya menjadi media yang
efektif sebagai alat promosi bisnis secara online ataupun offline. Online
disini maksudnya pada forum di dunua maya, sedangkan offline maksudnya pada
komunitas yang disitu kita bisa mempromosikan jasa kita melalui mulut ke mulut
dari teman sati ke teman yang lain.
3. Memasang iklan
Banyak sekali cara untuk kita memasang iklan untuk
mempromosikan usaha kita, bisa dengan media banner, poster ataupun membagikan
brosur ke lokasi dimana banyak terdapat anak muda yang menjadi target utama
kita, misalnya di cafe, atau dikampus juga bisa.
KESIMPULAN :
1. Usaha tidak harus dengan modal yang besar, jika memang
kita mempunyai niat dan tekad yang besar untuk memulai usaha kecilpun nantinya
akan menjadi usaha yang menguntungkan dan tumbuh besar.
2. Dalam memulai bisnis tidak hanya dibutuhkan biaya
namun juga kreatifitas dan komukasi yang baik. Agar calon pembeli merasa nyaman
dan tertarik dengan apa yang kita punya.
3. Untuk membuka usaha kita harus pandai melihat peluang
yanag ada, mengamati tren dan gaya hidup yang sedang terjadi dan apa yang
masyarakat luas butuhkan.
REFERENSI

Tidak ada komentar:
Posting Komentar